Senin, 21 November 2011

Ceroboh! Dokumen Rahasia Kegiatan Obama di Australia Tercecer




Canberra - Ceroboh! Itu yang mungkin bisa dikatakan ketika buklet kegiatan setiap waktu Presiden Amerika Serikat (AS) Obama tercecer di sebuah jalan di Canberra, Australia. Padahal dalam buklet tersebut juga berisi rincian konvoi kendaraan keamanan dan lusinan pelat nomor pejabat senior AS dan Australia.

Seperti diberitakan oleh Sydney Morning Herald, Jumat (18/11/2011), ditemukannya buklet rahasia itu akan membuat otoritas Australia sangat malu akan kejadian ini. Buklet berisi program kegiatan Obama itu ditemukan di sebuah selokan yang berjarak sekitar 100 meter dari pintu masuk Parlemen Australia.

Pengamat Keamanan dari Universitas Sydney, Alan Dupont, menyebut penemuan buklet rahasia itu sebagai hal yang sangat memalukan. Dia menilai hal itu merupakan pelanggaran keamanan yang sangat penting.

"Kalau jatuh ke tangan yang salah akan membuat Presiden dan rombongannya dalam keadaan bahaya, jika seseorang dapat merespons cepat informasi tersebut," jelas Alan Dupont.

Buklet tersebut berisi 125 halaman dan tidak diperuntukkan untuk orang yang tidak berhak menerimanya. Buklet tersebut mendeskripsikan jadwal menit per menit kegiatan Obama, seperti menjelaskan lewat pintu mana saja Obama akan masuk dan keluar Limousinnya dari pintu mana.

Obama mengunjungi Australia setelah menghadiri KTT APEC selama satu setangah hari. Pada kesempatan itu, Obama mendapatkan persetujuan penempatan 2.500 pasukan marinir AS di Australia.