Senin, 26 September 2011

Manusia Habiskan Waktu 3 Tahun Selama Hidupnya di Toilet

Sebagian orang suka berlama-lama berada di toilet, baik untuk buang air besar maupun kecil. Maka tak heran jika ditotal dari seluruh umur hidupnya, setiap manusia menghabiskan waktu rata-rata 3 tahun hanya untuk buang hajat di toilet.



Fakta ini terungkap dalam buku berjudul 'Facts That Will Scare the Sh*t Out Of You' karangan Cary McNeal, yang dipublikasikan baru-baru ini. Tidak diketahui pasti sumber aslinya, hanya dikatakan bahwa dasarnya adalah hasil-hasil penelitian yang pernah dilakukan.

Meski terkesan hanya untuk lelucon saja, fakta ini tentu sangat menarik karena mungkin banyak orang tidak menyangka akan menghabiskan waktu selama itu di dalam toilet. Jika benar demikian, kira-kira berapa banyak tisu toilet yang dihabiskan dalam waktu selama itu?

Sumber lain mengatakan, rata-rata orang menghabiskan 57 helai tisu toilet tiap harinya. Jika dihitung selama 3 tahun, maka totalnya rata-rata 62.415 helai tisu toilet atau lebih dari 60 roll jika dihitung tiap roll memiliki 1.000 helaian tisu.

Untuk membuat tisu sebanyak itu, tentu harus ada yang dikorbankan dalam hal ini pohon-pohon yang harus ditebang. Oleh karena itu, daur ulang kertas toilet akan sangat membantu kelestarian lingkungan karena tidak perlu terlalu banyak menebang pohon.

Rata-rata tiap roll tisu toiler beratnya 277 gram, sedangkan seperti dikutip dari Toiletpaperworld, Minggu (25/9/2011), tiap 1 ton tisu toilet yang didaur ulang baka penghematan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.


17 batang pohon tidak perlu ditebang
26,3 liter air bisa dihemat
266,3 gram partikel debu yang mencemari udara bisa dicegah
mengurangi 2,34 meter kubik timbunan sampah
menghemat energi sebanyak 4.077 kilowatt.jam.


Meski jika ditotal waktu untuk berada di toilet sangat lama, bukan berarti mulai sekarang harus selalu buru-buru kalau ingin buang hajat. Terburu-buru saat buang hajat justru memicu wasir atau ambeien karena tekanannya menjadi lebih besar saat mengejan. Yang penting, bijaksanalah dan jangan terlalu boros dalam menggunakan tisu toilet.

0 komentar:

Posting Komentar