Dunia Unic. Diberdayakan oleh Blogger.

Inilah Tanaman Pendeteksi Bom



Para ilmuwan sudah terbiasa dihadapkan pada suatu masalah. Tapi, bagaimana setiap masalah menjadi tidak masalah, itu adalah fungsi dan tugas para ilmuwan. Apakah kita pernah berpikir tentang sejenis tumbuhan yang dapat mendeteksi teror bom?

Ilmuwan Colorado State University, Amerika Serikat (AS) mengembangkan tumbuhan yang memungkinkan pendeteksian ancaman teror bom. Bagaimana ceritanya?

Profesor June Medford bersama timnya tengah mengembangkan tanaman hijau yang bisa berubah warna menjadi putih, saat mendeteksi keberadaan senjata kimia atau biologi yang bisa meledak di sekitarnya.

Ketika berubah putih, hal itu menjadi peringatan tanda bahaya akan terjadi ledakan di sekitar area itu dan orang diharapkan mencari tempat aman.

“Kami memodifikasi benih tanaman. Sifat dan kemampuan ini stabil dan menempel pada tumbuhan itu selamanya,” papar Medford.

Demikian, tanaman bisa digunakan untuk keamanan dan memberitahu akan adanya bahaya ledakan bom, lanjutnya. Medford menegaskan, menggunakan tanaman untuk mendeteksi patogen dan bahan kimia berbahaya sangat masuk akal. Contohnya, pisang berwarna hijau ketika belum masak di iklim bumi bagian utara kecuali jika terekspos gas ethylene.

“Saya memodifikasi tanaman agar bisa bereaksi saat terekspos zat tertentu dan berubah warna. Cara ini bisa diterapkan pada semua jenis tanaman.”