Dunia Unic. Diberdayakan oleh Blogger.

Unik, Masjid Tiga Pintu di Tunisia

Masjid Tiga Pintu atau Masjid Tiga Gerbang merupakan tempat yang patut dikunjungi ketika melawat ke negeri Tunisia. Masjid ini bisa menjadi pilihan lain setelah mengunjungi Masjid Besar di Kota Kairouan, Tunisia.

Masjid ini ditemukan pada tahun 866 Masehi oleh Mohammad bin Kairoun el-Maafri. Mohammad adalah seorang tokoh yang berasal dari Cordoba, Andalusia, Spanyol, bagian selatan.

Sejak saat itu Masjid Tiga Pintu menjadi pusat peradaban agama Islam. Masjid itu juga menjadi pusat berkumpulnya persaudaran kaum Muslim di negara Tunisia.

Dengan desain tiga pintu besar yang melengkung di bagian atasnya, terlihat jelas adanya pengaruh arsitektur khas Andalusia. Tiga pintu masjid yang melengkung dihiasi dekorasi kaligrafi ayat suci Alquran.

Dua pintu di antaranya diselingi relief ukiran bunga dan mahkota yang indah. Sayangnya, Masjid Tiga Pintu yang berwarna kuning bata ini tidak bisa dikunjungi oleh orang beragama lain selain Islam. Namun mereka tetap diperbolehkan menganggumi desain unik Tiga Pintu dari luar masjid.  (Sumber: Okezone.com)