Dunia Unic. Diberdayakan oleh Blogger.

Video: Pejabat Jepang Gugup Menenggak Air dari Reaktor Nuklir

Sebuah video mempertontonkan gugupnya politisi Partai Demokratik Jepang, Yasuhiro Sonoda meminum air dari reaktor nuklir Fukushima beredar di Youtube. 



Anggota Parlemen Jepang itu mencoba membuktikan bahwa air tanah (yang telah dimurnikan) di bawah kawasan reaktor nuklir Fukushima aman untuk diminum. 


Pejabat kabinet pemerintah itu tertantang membuktikan pernyataan pemerintah secara langsung di depan para jurnalis. Dalam video yang juga ditayangkan di sejumlah media online di Eropa itu tampak Sonoda dengan yakin meraih gelas yang sudah disediakan. Namun, ketika gelas yang hanya terisi setengah itu mulai mendekati bibirnya tangan sang pejabat tampak bergetar. 


Menurut media Jepang, Mainichi, Selasa (1/11/2011) peristiwa itu terjadi pada Senin lalu. Sonada terdorong untuk meminum setelah mendapat tantangan dari salah seorang jurnalis yang meminta dia meminum air yang disebut aman itu. 


Sonada sempat terhenti usai menenggak sebagian isi gelas. Namun selang beberapa detik, politisi berusia 44 tahun itu dengan yakin menghabiskan air dalam gelas tersebut. 


Sebelumnya penduduk sekitar reaktor Fukushima memang diserang kekhawatiran atas keamanan air di wilayah tersebut pascakerusakan reaktor nuklir akibat tsunami beberapa bulan lalu. Air yang diminum diolah dari bawah permukaan gedung 5 dan 6 reaktor tersebut.


Menurut operator pabrik Tokyo Electric Power Co, air yang dimurnikan itu disedot dari tanki penyimpanan pada 22 Oktober 2011. Air itu lalu di rebus dan disterilkan. Air itu dinyatakan bebas dari kontaminasi radioaktif.