Rabu, 17 November 2010

Mobil Terkecil di Dunia

Gambar
London - Modifikator asal Inggris, Perry Watkins tidak henti-hentinya berkarya membuat mobil aneh. Setelah mobil paling tipis, dan meja makan yang melaju kencang, kini Watkins membuat mobil paling kecil di dunia.

Watkins membuat mobil terkecil ini dari mobil mainan Postman Pat yang dijalankan dengan koin dan mesin quad bike atau yang biasa dikenal sebagai ATV (all terrain vehicle). Bodi mobil mainan yang aslinya berwarna merah itu diganti catnya menjadi hitam, putih dengan semburan grafis api khas Watkins.

Seperti dikutip BBC, Watkins membuat mobil ini selama 3 bulan saja. Watkins mengeluarkan si tukang pos Pat dari mobilnya dan kemudian mengganti mesinnya dengan mesin betulan dari sebuah ATV tadi.

Mobil ini berukuran sangat mini dengan dimensi tinggi 1,04 meter, lebar 0,6 meter dan panjang 1,29 meter. 

"Ukurannya bahkan setengah dari mobil terkecil yang pernah ada yakni P50," ujarnya.

Untuk kaki-kakinya, pria yang pernah membuat meja makan berjalan itu menggunakan ban asli dari sepeda motor Honda Monkey untuk ban belakang.

Sedangkan bagian roda depan menggunakan ban dari motor mini Brockhouse Corgi tahun 1939 dengan pelek hasil modifikasi sendiri.

Sayangnya tidak ada penjelasan kapasitas mesin yang digunakan Perry pada
mobilnya ini. Namun diyakini mesinnya hanya 150 cc. Mobil tersebut dapat menempuh kecepatan maksimal 59,5 km per jam. Hebatnya, mobil ini juga memiliki seat belt untuk keamanan penggunanya.

Hasil karya Perry Watkins satu ini tidak sia-sia, setelah setahun lebih, Guinness Book of World Records seperti dilansir MSNBC, Selasa (9/11/2010) akhirnya mengakui mobil tersebut sebagai mobil terkecil di dunia yang bisa digunakan di jalan raya.

Namun sayang, untuk mengendarainya, kepala kita harus menunduk. Wah kalau untuk perjalanan Jakarta-Bandung-Jakarta apa jadinya ya? ( ikh / ddn ) 

1 komentar:

  1. nice share. nice post. semoga bermanfaat bagi kita semua :)
    keep update! Teknologi Mobil

    BalasHapus