Dunia Unic. Diberdayakan oleh Blogger.

Waw, Motor Jepang Berbahan Bakar Kotoran Manusia

Exelroze.info - Orang Jepang tampaknya tak akan menyia-nyiakan kotoran (feses) yang mereka buang. Kotoran itu, bisa mereka sulap menjadi barang yang lebih bermanfaat.

Beberapa waktu lalu, peneliti Jepang berhasil membuat daging sintetis dari kotoran manusia. Setelah melalui uji klinis, hasilnya dinyatakan sehat untuk dikonsumsi. Mereka kembali memanfaatkan kotoran itu, namun kali ini sebagai bahan bakar motor.




Sebagaimana dimuat laman boingboing.net, sebuah produsen toilet terkemuka di Jepang berhasil merancang motor dengan memanfaatkan kotoran manusia sebagai bahan bakarnya.
Tempat duduk motor terbuat dari kloset, sehingga memungkinkan pemilik motor langsung membuang air dari atas sadel. Di bagian belakang motor, dipasang galon sebagai tempat penampung air. Dalam perjalanan jarak jauh, motor ini memudahkan pengendara jika ingin buang air besar.

Kotoran yang ditampung itu, langsung dikonversikan menjadi bahan bakar yang mampu menghidupkan mesin motor. Namun, belum dijelaskan bagaimana mekanisme kerja dari mesin motor yang dirancang ini.

Motor ini telah diuji coba dari Kyusu menuju Tokyo, sekaligus kampanye kepedulian untuk mengurangi emisi gas CO2. Motor ini berjalan selama enam hari dan menempuh perjalanan sejauh 600 mil lebih.

Namun, tampaknya motor ini tidak akan seefisien motor dengan teknologi lainnya. Meskipun demikian, teknologi ini sangat penting untuk mengurangi ketergantungan terhadap minyak.



sumber